MUNAS IV ALMAPIPSI, AKTUALISASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF

Usai sudah pelaksanaan Musyawarah Nasional (MUNAS) Ke IV Aliansi Mahasiswa Pendidikan IPS Seluruh Indonesia (ALMAPIPSI). Kegiatan ini melibatkan delegasi dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS seluruh Indonesia, bertempat di Universitas Negeri Jakarta.

Digelar pada hari, Jumat-Minggu (22-24/11/2019) hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS UNIRA Malang, Rosyidatur Rohmah M.P dan Bagus Satria.

Diawali dengan sesi Seminar Batik, peserta diajak untuk mengenal berbagai jenis batik Nusantara, hingga berbagai kendala yang dihadapi oleh pembuat batik tradisional ditengah perkembangan zaman oleh Putri Batk Nusantara 2018, Salma Kyana. “Menurut survey, di DKI Jakarta hanya tersisa 10 pengrajin batik tradisional. Mereka berusia diatas 55 tahun.” Jelasnya.

“Menurunnya jumlah pengrajin batik dikarenakan jatuhnya harga batik tulis dipasaran, serta tidak adanya generasi muda yang meneruskan” Tandas Salma. Kemudian, solusi dari problematika tersebut, “Harusnya kita sebagai generasi muda bangga dengan menggunakan batik, terutama dengn membeli batik tulis asli. Bukan sekedar batik printing yang dijual dengan harga murah namun menggeser batik tradisional yang dibuat dengan susah payah dan proses yang panjang. Selain itu berbagai inovasi juga diperlukan untuk menghasilkan batik yang berdaya saing di era 4.0” Imbuhnya diakhir sesi seminar.

Dilanjut, acara inti dengan pelaksanaan Sidang Pleno yang berlangsung hingga, Sabtu (23/11/2019). Hasil dari pelaksanaan musyawarah tersebut, diterimanya Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus dan Badan Legislatif Organisasi ALMAPIPSI Periode 2018/2019, beserta terpilihnya formatur baru, Mahasiswa IAIN Cirebon, Rio Maheso.

“Gagasan kedepan saya adalah mewujudkan semangat juang ALMAPIPSI ku, ALMAPIPSI mu, ALMAPIPSI kita semua. Dengan menunjang kemajuan organisasi ini untuk menghasilkan legalitas ALMAPIPSI oleh Kemenristekdikti kedepannya.” Ujar Ketua terpilih, Rio Maheso.

Kegiatan Musyawarah Nasional kali ini diakhiri dengan studi tour mengunjungi monumen nasional beserta Museum Jakarta Kota Tua. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan peserta terhadap berbagai aset sejarah nasional bangsa, menumbuhkan sikap nasionalisme, serta menjadi ajang rekreatif bagi peserta Musyawarah Nasional kali ini.

“Harapan kedepannya, dapat menjadikan Almapipsi semakin maju, dengan kepemimpinan yang transformatif serta mewujudkan kader-kader yang peka terhadap berbagai isu sosial sesuai dengan tujuan dibentuknya organisasi ini” Ujar peserta, Rosyidatur Rohmah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *