Hadapi Era Disrupsi, HMP PIPS Unira Gagas Program Mahasiswa Se- Jatim

Hadapi era disrupsi, Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS Unira Malang gelar Seminar Nasional bertema, “Tantangan Inovasi Pendidikan di Era Disruptif” yang digelar pada, Sabtu, (07/03/2020).

Mengundang Guru Besar Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd, sebagai narasumber, kegiatan ini sekaligus menjadi pembuka dari Rapat Kerja Wilayah IV ALMAPIPSI (Aliansi Mahasiswa Pendidikan IPS Se- Indonessia) wilayah Jawa Timur.

Narasumber memaparkan, “Era disrupsi adalah era dimana perkembangan teknologi begitu pesat, berbagai inovasi yang bermunculan mampu menghasilkan produk-produk unggulan baru.”

 “Sama juga dengan pendidikan, berkembangnya kemajuan jaman perlu disikapi dengan membawa perubahan-perubahan melalui inovasi pembelajaran. Resolusi pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan pelajar berkualitas. Tidak hanya soal teknologi, pendidikan sehebat apapun tidak dapat digantikan oleh digital.”

“Disini peran mahasiswa sosial sangat dibutuhkan. Calon-calon pendidik yang mengerti dan  siap menghadapi perubahan dan tantangan di dunia pendidikan dan masyarakat luas.”Tegas profesor asal Sengguruh ini.

Tak berhenti disitu saja, Ketua Pelaksana Kegiatan, Bagus Satria memaparkan,”Menghadapi tantangan tersebut, Rakerwil IV ALMAPIPSI ini juga digelar. Dengan menghadirkan delegasi dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur, UM, UIN Maliki, IAIN Ponorogo, IAIN Jember, INZAH Probolinggo, IAIN Madura, dan IAIN Tulungagung, kami menyusun rencana kerja. Menyasar personal branding organisasi, bidang sosial pendidikan, hingga kemasyarakatan.”

“Sudah saatnya ALMAPIPSI bangkit, bukan hanya sebagai forum komunikasi, tapi juga sebagai gerakan sosial dan kependidikan yang mampu memberi dampak secara luas. Tentu harus peka terhadap kondisi sekitar kita untuk melahirkan inovasi atau gagasan baru” Imbuhnya.

Kaprodi Pendidikan IPS, Lailatur Rofiah menyampaikan, “Harapan kedepannya, dengan kegiatan kegiatan seperti ini dapat membawa manfaat kepada kita semua, dan kepada masing-masing perguruan tinggi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *